Pages

Wednesday, June 2, 2010

Mengenal Resistor

Menurut definisi wikipedia, Resistor adalah komponen elektronik untuk menahan arus listrik dengan memproduksi penurunan tegangan diantara kedua salurannya sesuai dengan arus yang mengalirinya, berdasarkan hukum Ohm. Resistor dapat dibuat dari bermacam-macam kompon dan film, bahkan kawat resistansi (kawat yang dibuat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel-kromium). Karakteristik utama dari resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang boros. Karakteristik lain termasuk koefisien suhu, desahlistrik, dan induktansi.
Resistor dapat diintegrasikan kedalam sirkuit hibrida dan pcb, bahkan ic. Ukuran dan letak kaki bergantung pada desain sirkuit, resistor harus cukup besar secara fisik agar tidak menjadi terlalu panas saat membuang daya.Resistor juga disebut dengan werstand, tahanan atau hambatan. Resistor dinyatakkan dengan notasi R satuan Ohm.


Pada rangkaian elektronika, resistor berfungsi menghambat arus listrik, membagi arus pada rangkaian paralel, membagi tegangan pada rangkaian seri. Resistor terdiri dari dua jenis, yaitu resistor tetap dan resistor tidak tetap (variable resistor).
  • Resistor tetap
Nilai hambatan dari sebuah resistor tetap, ditentukan oleh kode warna sebagaimana ditunjukkan oleh gambar berikut.
Resistor tetap ini ada dua macam, yaitu resistor dengan 4 band (pada gambar di atas yang berwarna coklat) dan 5 band (yang berwarna biru). Perbedaannya adalah resistor 4 band nilainya ditunjukkan pada 3 gelang pertama sedangkan pada 5 band ditunjukkan pada 4 gelang pertama sebagaimana ditunjukkan pada gambar.
Berikut diberikan contoh perhitungan nilai hambatan sebuah resistor 4 band dengan warna: gelang1 : merah = 2
gelang2 : hijau = 5
gelang3 : merah = 00
gelang4 : emas = 5%
maka nilai hambatannya, R = 2500 Ohm, toleransinya 5%
Toleransi adalah batas penyimpangan yang masih diijinkan, resistor dengan hambatan 2500 toleransi 5% maka nilai toleransinya adalah 5%*2500 = 125. Maksudnya adalah nilai resistor 2500 (2k5) penyimpangan yang diijinkan adalah tertinggi 2625 (2500+125) dan terendah 2375 (2500-125). Apabila penyimpangan tersebut melebihi atau kurang dari batas toleransi yang ditentukan, berarti resistor sudah tidak bisa dipakai. Adapun resistor 5 band memiliki toleransi 1% sehingga lebih baik.
(bersambung)

No comments:

Post a Comment