Pages

Sunday, June 6, 2010

Mengenal Resistor (2)

  • resistor tidak tetap
Setelah pada pembahasan sebelumnya dijelaskan mengenai jenis resistor tetap, berikut ini merupakan jenis resistor tidak tetap:
1. Variabel resistor atau potensiometer
Secara umum di pasaran dikenal dua bentuk variabel resistor yang biasa disebut potensio (potensiometer) dan trimpot  (trimer potensiometer) sebagaimana ditunjukkan gambar berikut



2. LDR (Light Dependent Resistor)
LDR adalah resistor yang besar kecil nilai hambatannya dipengaruhi oleh intensitas sinar/cahaya. Jika dihubungkan dengan catu daya maka dapat dia mati besar tegangan pada ujung-ujung resistor berbeda dipengaruhi oleh cahaya.Oleh karena itu, LDR biasa digunakan sebagai sensor cahaya. Pada robot line follower LDR digunakan sebagai sensor garis.
3. NTC (negative Temperature Coefficient)
Besar hambatan NTC dipengaruhi oleh perubahan suhu atau temperatur, maka NTC biasa digunakan sebagai sensor suhu.Biasa digunakan sebagai thermocouple.

Hubungan Resistor
Setelah mengenal jenis-jenis resistor, maka selanjutnya akan dibahas mengenai hubungan resistor. Ada dua macam hubungan Resistor yaitu hubungan seri dan paralel.

  • Hubungan Seri

 Rz = R1+R2+R3
          Hubungan seri paralel bersifat membagi tegangan, sedangkan besarnya arus yang mengalir pada tiap-tiap resistor adalah sama. Besar hambatan totalnya adalah hasil penjumlahan seluruh hambatan.
  • Hubungan Paralel


           Sifat dari resistor yang dihubungkan secara paralel adalah sebagai pembagi arus. Besar tegangan pada tiap resistor adalah sama. Hambatan total dapat dihitung sebagai berikut


No comments:

Post a Comment