Pages

Wednesday, November 2, 2011

Flip Flop Kontrol R-S


Flip-flop RS merupakan salah satu rangkaian logika sekuensial yang sederhana. Flip- flop RS ini merupakan sebuah perangkat memori 1 bit yang bersifat bistabil dan memiliki dua buah input. Salah satu masukannya diberi label S akan memberikan keadaan “SET” yang berarti keluaran flip flopnya 1. Masukan yang lain diberi label R akan memberikan keadaan RESET bagi Flip flop yang berarti keluaran flip flopnya 0. 
Ada dua jenis Flip-flop RS berdasarkan komponen internal penyusunnya, yaitu flip flop RS yang terdiri atas gerbang NAND dan flip-flop RS yang terdiri atas gerbang-gerbang NOR. 
Berikut akan dijelaskan keadaan flip-flop RS yang tersusun atas gerbang NAND
  • Keadaan SET
Keadaan SET akan terjadi saat masukan set diberikan tegangan high (+Vcc) dan R diberi tegangan low (0). Pada keadaan SET, keluaran Q akan high, sebaliknya keluaran Q not akan low. Keadaan ini akan terus bertahan (Q tetap high dan Q not tetap low) meskipun input dihentikan.
  • Keadaan RESET
Apabila terminal R diberi masukan high dan terminal S diberi masukan low maka akan menjadikan flip-flop dalam keadaan RESET. Pada saat RESET keluaran Q akan low, sebaliknya keluaran Q not akan high. Kondisi ini juga akan terus bertahan sampai terminal R dan S diberi input yang berkebalikan.


Kondisi
S
R
Q
Q
Description
Set
1
0
1
0
Set Q » 1
1
1
1
0
Keluaran tidak berubah
Reset
0
1
0
1
Reset Q » 0
1
1
0
1
Keluaran tidak berubah
Tidak valid
0
0
0
1
memori Q = 0
0
0
1
0
memori Q = 1
Tabel kebenaran Flip-flop R-S gerbang NAND
 
 

No comments:

Post a Comment