Pages

Sunday, September 18, 2011

Alternating Current (AC)

Listrik AC merupakan elektron yang bergerak bolak-balik dalam suatu penghantar. Saat ujung penghantar bermuatan (-), maka ujung yang lain bermuatan (+), sehingga elektron akan mengalir dari ujung (-). Begitu pula sebaliknya. Jadi AC hampir sama dengan DC, namun muatan ujung penghantar selalu berubah karena elektron akan bergerak bolak-balik.

Pada rangkaian AC arus mengalir bolak-balik secara periodik. Listrik yang disalurkan pada rumah tangga dalam bentuk arus AC.


  • Bagaimana AC dihasilkan ?
    Listrik AC dihasilkan oleh generator listrik. Yang terdiri dari sebuah magnet dan kumparan kawat yang diputar pada suatu medan magnet. Saat kumparan diputar , terjadi perubahan kekuatan medan magnet yang melewati kawat dan menghasilkan gaya listrik disekitar kawat. Gaya inilah yang menghasilkan arus. Perubahan sudut putar terhadap medan menyebabkan arus berubah-ubah.

  • Mengapa kita menggunakan AC ?
Karena listrik AC lebih mudah dibangkitkan. Keuntungan utama dari AC dibanding DC adalah dapat ditransformasikan ke tegangan yang lebih tinggi maupun ke tegangan yang lebih rendah. Tegangan yang tinggi digunakan untuk untuk mengirim listrik jarak  yang sangat jauh dan bila telah sampai ke rumah tangga dapat diturunkan ke tegangan yang lebih aman. 

Power DC disediakan pada satu tegangan saja. Power AC dapat dinaikkan atau diturunkan sesuai tegangan yang dibutuhkan. Biaya transmisi  jarak jauh pada DC lebih mahal dibandingkan AC, jadi banyak peralatan yang dibutuhkan. Tempat pembangkitan DC harus dekat dengan pengguna, pembangkitan AC dapat dibangun diluar kota.

No comments:

Post a Comment