Pages

Saturday, February 5, 2011

Belajar ORCAD lagi:)

Rasanya udah lamaaaaaaaaaa banget aku tu ga berhubungan dengan berbau2 elektronis, maklum 2 bulan aku KKN dan sindrome KKN aka males masih aku rasakan hingga saat ini. Tapi Alhamdulillah akhirnya Alloh masih kasih kekuatan padaku untuk kembali bangkit, kembali berkutat dengan TA ku dan kembali ke kampus, kembali ke Lab isk JTE UGM. Oh.........rasanya aku sangat merindukan kampus dan semangatku belajar^.^
Kemarin lusa malam (hayah...apaan sih :p ) aku kembali mengulang menggunakan ORCAD untuk membuat layout PCB. Tau kan ORCAD itu apa? Bagi yang belum 'n pengen tau aku kasih tau aja deh, ORCAD itu sebuah software yang kita bisa gunakan untuk membuat rangkaian, simulasi maupun bikin layout buat PCB nya. Oke deh, sekarang ini aku mau nulis singkatnya aja tentang pembuatan layout PCB dengan ORCAD. Kebetulan yang saya gunakan itu ORCAD versi 9.1.
ORCAD sendiri sebetulnya ada beberapa feature seperti yang sudah saya sebutkan. Tapi berhubung saya hanya memerlukan feature membuat rangkaian sekaligus layotu PCB nya maka saya hanya menginstall Capture cis dan layoutnya saja. Setelah instalasi barulah kita bisa menggunakannya (hehehe yaiyalah :p )
Adapun cara membuat layout PCB dengan ORCAD ada banyak cara yg bisa digunakan, akan tetapi saya belajar dgn memulai membuat skematik rangkaiannya terlebih dahulu. Skematik rangkaian dibuat pada feature capture cis, caranya: start menu->ORCAD->capture cis lalu buat project baru. Disitu akan ada opsi maka saya pilih opsi PCB board, nama dan tempat bisa dipilih sesuai selera (hahaha..kayak masakan :d ). Ada yang perlu diperhatikan, sebelum membuat skematik haruslah meng-add library nya dulu, kalo saya saya add semua :d . Nah, setelah skematik jadi maka save lah file mu dengan nama yang kamu inginkan.
Setelah kamu simpan dan beri nama skematikmu itu, jangan kau tutup dulu melainkan pilihlah project manajer (biasanya ada short icon di bawah bar menu), lalu setelah kamu pilih terlihatlah halaman yang berbeda dengan gambar skematikmu tadi berada. Tampilannya akan seperti windows explorer dengan folder2 di sebelah kirinya. Dari situ pilih file halaman skematikmu lalu klik icon "create netlist". Yang akan terjadi kemudian adalah munculnya file *.mnl skematik yang kamu buat. Maka kini kamu bisa buka feature lay out dan membuat desain PCB dari skematik yang sudah kamu buat :)
Buka feature lay out dengan pilih start menu->orcad->lay out. Pilihlah File->new dan buka file default_tch lalu buka pula file *.mnl dari skematik yang telah kamu buat. Nah, setelah terbuka, kamu bisa mengatur letak komponen sesukamu yang kamu anggap paling simpel. Bagian ini nih yang bikin aku bingung :p
 Setelah kamu atur letak komponen2 itu, klik ikon "view spreadsheet" untuk mengatur berapa layer kamu buat desain pcb mu itu. Desain yang umum si dalam satu layer, makanya biasa hanya saya gunakan bottom layer saja. Cara mengaturnya adalah dengan memilih/meng-klik top, inner1 dan inner2 lalu klik kanan, properties, unused, ini berarti kita hanya menggunakan buttom layer. Kemudian, masih di spreadsheet pilih net atur width min maxnya menjadi 50. Lalu, masih juga di spreadsheet aturlah padstack pad with 80.
Nah, sekarang kita bisa membuat routing yang akan kita cetak pada PCB dengan memilih menu auto->autoroot->board. Routing PCB mu telah jadi (jika ada error, maka lacak dan perbaikilah erornya). Sebelum mencetak, kita harus mengatur beberapa hal terlebih dahulu dengan memilih option->post process seting. Pilih Buttom, klik kanan pada pilihan tersebut lalu pilih preview untuk melihat routing dengan jelas. Untuk mencetaknya, maka tinggal kita pilih File->print, pilih pada ceck button/ aktifkan opsi print manajer, keep drill holes open dan force black and white. Silakan kamu mengeprint dengan printer yang ada :d
Nah setelah kita mendapatkan cetakan layout PCB yang akan kita buat maka yang biasa saya lakukan adalah mengcopy cetakan tersebut pada kertas glossy. Kopian pada kertas glossy itulah yang nantinya di cetak di PCB dengan cara menyetrika.
Jadilah :)

No comments:

Post a Comment